Abdullah bin Zubair

By Mahmud Al Fauzi 31 Mei 2018, 12:44:51 WIB Biografi
Abdullah bin Zubair

Keterangan Gambar : Abdullah bin Zubair


Abdullah bin Zubair atau Ibnu Zubair (624 – 692) (Arab:عبدالله بن الزبير ) adalah putera dari Zubair bin Awwam dan Asma binti Abu Bakar, di mana Zubair juga merupakan keponakan dari istri pertama Nabi Muhammad, Khadijah.

Diriwayatkan bahwa Asma binti Abu Bakar melahirkan Ibnu Zubair di Quba pada saat perjalanan hijrah ke Madinah. Dia merupakan muslim pertama yang lahir dalam masyarakat Islam dan hidup sampai umur 73 tahun. Menurut riwayat dari Bukhari, Rasulullah mendoakan bayi ini pada saat kelahirannya.

Biografi

Ibnu Zubair merupakan anggota dari Bani Asad. Sebagai orang muda, Abdullah berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kampanye peperangan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad, seperti Pertempuran Badar dan Pertempuran Uhud, malah di Uhud, dia termasuk salah seorang yang melindungi Muhammad pada saat kekalahan pihak muslim, di mana sahabat-sahabat yang lain melarikan diri.

Ada kisah menarik antara Abdullah bin Zubair dengan Umar bin Khaththab. cerita ini bermula ketika Umar sedang berjalan-jalan di kota Madinah. ketika itu banyak anak kecil yang sedang bermain di jalan, namun ketika mereka melihat Umar, mereka lari tunggang langgang meninggalkan jalanan tersebut.

Namun ada satu anak yang tidak lari. Umar lalu mendekati anak tersebut dan bertanya, ” Hai anak, kenapa kau tidak ikut lari bersama mereka ? ” lalu anak kecil itu menjawab, ” Kenapa aku harus lari, sedang aku tidak bersalah padamu ya Amirul mukminin..” Umar lalu menepuk-nepuk pundak anak itu,dan berkata ” Sungguh suatu saat nanti, engkau akan menjadi seorang yang besar ”

Kemudian pada masa Khulafaur Rasyidin, ia mengikuti pula berbagai kampanye pertempuran baik melawan Kekaisaran Byzantium maupun melawan Kekaisaran Sassaniyah. Dia juga bersama dengan ayahnya, Zubair bin Awwam dan Aisyah bertempur melawan Ali bin Abi Thalib pada Pertempuran Unta.

Referensi

Muhammad Sang Nabi: Penelusuran Sejarah Nabi Muhammad Secara Detail. Jakarta: Ufuk Press, 2006. ISBN 979-3330-08-2




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan Mahmud Al Fauzi di

Ikuti Mahmud Al Fauzi di Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru disana. Terima Kaish.

Komentar Terakhir

  • Abraham Situhua

    Insya Allah, saya dwamkan amalan ...

    View Article
  • Mahmud Al Fauzi

    @Saepul Rohman : Sama-sama pk. Terima Kasih telah berkunjung dan berkomentar. ...

    View Article
  • Erik Santosa

    Sangat bermanfaat pk. ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video