Amalan Shahih di hari Jum’at

Assalmau’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Alhamdulillahi robbil ‘aalamiin, wassho laatu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalih.

Segala amalan atau Ibadah yang kita lakukan haruslah sesuai dengan sunnah Rasulullah Shollallaahu ‘alaihi wasallam (Amalan Shahih). Tidak terkecuali amalan kita pada hari Jum’at yang sering disebut dengan Sayyidul Ayyam atau Rajanya hari. Sebenarnya, semua hari hari dalam pandangan Islam sama saja, namun ada Ibadah Khusus yang dilakukan pada hari jum’at (Ibadah Jum’at) yaitu shalat jum’at.

Selain shalat jum’at, Amalan shahih hari Jum’at adalah membaca surat Al Kahfi, sebagimana kita tahu bahwa membaca surat Al Kahfi dianjurkan oleh Rasulullah dalam hadistnya sebagai berikut :

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi)

Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471, selain itu pula dalam redaksi yang lain rasul bersabda :

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi).

Syaikh Al Albani juga mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470.

Sudah jelas amalan shahih hari jum’at yang rasul jelaskan dalam hadist-hadist tersebut yang sudah jelas ke shahihannya, sehingga kita beribadah sesuai sunnah Beliau. Jika melihat hadist diatas, sangat di sayangkan jika kita masih sempat berpikir untuk meninggalkan amalan hari jum’at yang satu ini, yaitu membaca surat al kahfi secara rutin pada setiap jum’at.

Amalan lain di hari jum’at

Tidak hanya membaca surat al kahfi, amalan yang bisa kita lakukan di hari jum’at yang lainnya adalah memperbanyak bacaan shalawat kepada Rasulullah, sebagaimana hadistnya :

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro) Hadits ini hasan lighairihi yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya.

Hadits Hasan adalah hadits yang bersambung sanadnya, diriwayatkan dari perawi yang memiliki sifat ‘adalah (muslim, baligh, berakal dan masyhur dengan ketaatannya), walaupun dhabithnya kurang (hafalannya kurang) atau haditsnya tidak terlalu dha’if jika memiliki penguat, tidak ada syadz (menyelisihi riwayat yang lebih kuat), dan tidak ada ‘illah (cacat). Sedangkan Hasan lighairihi adalah hadits yang dilihat dari sanadnya dha’if namun dikuatkan dari jalur lainnya, tetap tidak mengandung syadz dan ‘illah.

Lalu untuk amalan hari jum’at dengan membaca shalawat, shalawat apa yang diajurkan di baca, Dari Zaid bin Abdullah berkata bahwa sesungguhnya mereka dianjurkan mengucapkan :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad an nabiyyil ummiyyi. [Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi]” (Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam no. 60. Syaikh Al Albani mengomentari bahwa hadits ini shohih)

Semoga bermanfaat, Wassalamu’alikum. 🙂

Saya seorang Guru dan Karyawan Swasta pada sebuah lembaga pendidikan. Selain itu, saya juga menerima Jasa Pembuatan Website, SEO Google Bergaransi dan Penjualan Aplikasi berbasis Web.

Written by Mahmud Al Fauzi

Saya seorang Guru dan Karyawan Swasta pada sebuah lembaga pendidikan. Selain itu, saya juga menerima Jasa Pembuatan Website, SEO Google Bergaransi dan Penjualan Aplikasi berbasis Web.

This Post Has One Comment

  1. Pingback: Malu atau Jaim? – Mahmud Al Fauzi

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solve : *
20 × 23 =