Madrasah Aliyah Kejuruan terbaik

Untuk artikel kali ini, mari kita mengusung tema pendidikan lagi. Siapa yang tak pernah mendengar MAK? MAK singkatan dari Madrasah Aliyah Kejuruan. Mungkin terdengar asing di telinga kita. Pasti kita bertanya-tanya, Madrasah Aliyah Kejuruan itu madrasah apa ya? Samakah dengan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan? Karena kalau mendengar sekolah kejuruan pasti kita hanya teringat dengan SMK, benar kan? Tetapi ada banyak juga yang sudah mengenal dan bahkan pernah belajar di MAK.

Pertama-tama kita harus mengetahui apa itu MAK atau Madrasah Aliyah Kejuruan. Madrasah Aliyah Kejuruan yang disingkat MAK merupakan madrasah atau sekolah bernuansa Islam yang bernaung di bawah kementerian agama seperti halnya madrasah-madrasah lainnya (bagi MAK Negeri), bedanya MAK ini menggunakan materi-materi kejuruan seperti halnya di SMK. Terlebih pemerintah kini sangat memberikan perhatian cukup besar terhadap SMK karena dapat menghasilkan output langsung kerja sehingga siswa-siswa lulusan sekolah kejuruan memiliki keterampilan tersendiri yang dapat mengurangi presentase pengangguran di negara kita.  Meskipun MAK dan SMK sama-sama sekolah kejuruan, tetapi ada perbedaan yang sangat mendasar dari kedua sekolah itu.

Sama-sama kejuruan boleh saja, bahkan output siswanya sama-sama memiliki keterampilan namun materi atau substansi mapelnya lebih sempurna MAK. Mengapa dikatakan sempurna? Karena secara teori dan akal, materi yang diajarkan oleh madrasah mengacu pada bobot mapel PAI (Pendidikan Agama Islam) yang banyak sehingga tidak hanya mampu menguasai materi umum saja tetapi juga materi agama, mengingat madrasah akan membawa para siswa selamat di dunia dan akhirat.  Tidak hanya itu saja, namanya juga madrasah aliyah kejuruan, itu berarti materi yang diajarkan ditambah dengan keterampilan-ketrampilan yang biasa ada di sekolah kejuruan, sehingga MAK merupakan sekolah atau madrasah idaman yang dapat menghantarkan kita dalam mencapai kesuksesan dunia dan akhirat.

Kesuksesan dunia didapat dari materi umum dan kejuruan sehingga outputnya siswa sukses mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemajuan atau perkembangan zaman saat ini dan dapat mengurangi presentase pengangguran di negara ini. Sedangkan kesuksesan akhirat didapat dari materi PAI sehingga outputnya siswa paham akan agama, mengamalkannya dan dijamin selamat di dunia dan akhirat. Kurang apa coba Madrasah Aliyah Kejuruan ini? Harusnya sekolah lain merasa iri dengan substansi dari MAK ini. Meskipun memang sekolah kejuruan dianggap sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Itu dikarenakan mereka tidak melihat ada apa di dalamnya, terlebih MAK ini memang masih tidak sepopuler MA maupun SMA yang sudah banyak dikenal oleh orang banyak.  Maka dari itu sebaiknya pemerintah bersama masyarakat mulai mengunggulkan madrasah ini dan lebih memperhatikan MAK ini kalau tidak ingin mempertinggi angka presentase pengangguran.

Padahal penyebab pengangguran ini adalah banyaknya masyarakat yang lebih memilih sekolah untuk anak di sekolah umum dan madrasah yang favorite bukan di kejuruan. Padahal lulusan SMA maupun MA yang hanya bukan program keterampilan, akan sulit mengikuti perkembangan zaman sekarang ini. Karena orang pintar tanpa keterampilan apapun maka akan sulit mencari pekerjaan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Saya seorang Guru dan Karyawan Swasta pada sebuah lembaga pendidikan. Selain itu, saya juga menerima Jasa Pembuatan Website, SEO Google Bergaransi dan Penjualan Aplikasi berbasis Web.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solve : *
25 × 25 =